Senin, 16 Oktober 2023

 

PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN 
HUTAN DAN LAHAN


Banyaknya hutan yang ada di Kabupaten Ponorogo dan cuaca saat ini yang sangat ektrem panasnya, menyebabkan kebakaran sering terjadi pada hutan dan lahan (karhutla) yang hampir melanda si seluruh Kawasan hutan dan lahan di Kabupaten Ponorogo

Dalam proses terjadinya kebakaran hutan Membutuhkan waktu tidak sebentar untuk bisa memadamkan hutan yang terbakar, sehingga kebakaran hutan tak jarang memberikan dampak polusi yang begitu buruk hingga memakan korban jiwa baik hewan yang berada di dalam hutan, maupun manusia akibat sakit pernafasan akibat polusi yang ditimbulkan. Sadar akan keadaan tersebut, rasanya perlu adanya sebuah pemahaman yang baik kepada masyarakat mengenai beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, seperti :

1.   1. Hindari membakar sampah di lahan atau hutan, terutama saat angin kencang. Angin yang bertiup kencang akan berisiko menyebarkan kobaran api dengan cepat dan menyebabkan kebakaran.

2.   2.  Berikan jarak tempat pembakaran sampah dari bangunan sekitar 50 kaki dan sejauh 500 kaki dari hutan.

3.    3.  Tidak membuang puntung rokok sembarangan di area hutan atau lahan, apalagi jika masih menyala yang berisiko memicu terjadinya kebakaran.

4.    4.  Tidak membuat api unggun di area yang rawan terjadi kebakaran.                                                  5.  Setelah selesai melakukan pembakaran, pastikan untuk mengecek api sudah benar-benar padam sebelum meninggalkan tempat itu. Perhatikan juga tidak ada barang-barang yang mudah terbakar di sekitarnya.

Dengan memperhatikan beberapa petunjuk diatas, diharapkan mampu meminimalisir adanya potensi kebakaran hutan yang memberikan dampak berbahaya bagi lingkungan dan masyarakat di daerah sekitar.  

Pada kesempatan kali ini penyuluh kehutanan CDK Pacitan wilker Ponorogo Bersama dengan temen teman dari Perum perhutani dan masyrakat sekitar mengadakan Upaya pemadaman kebakaran yang terjadi di Desa Duri Kecamatan Slahung yang termasuk dalam Kawasan RPH Karangpatihan secara manual dengan menggunakan ranting-ranting basah dan dengan cara ranting tersebut dipukul pukulkan ke titik-titik api. Kebakaran akhirnya dipadam setelah dilakukan penanggulanagn selama kurang lebih 2 jam.

Pemadaman kebakaran di desa Duri Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar